Achmad di Rohul, Harris di Pelalawan

Written By Juhernaidi on Kamis, 17 Februari 2011 | 6:18:00 PM

BASAH: Calon incumbent Achmad beserta istri berbasah-basah usai mencebur ke Batang Lubuh bersama 
simpatisan pendukung warga Kampung Padang Desa Babussalam 
Kecamatan Rambah, Rabu (16/2/2011).


Para calon incumbent (pemegang jabatan) masih terlalu kuat dalam dua Pemilukada di Riau, Rohul dan Pelalawan. Bupati incumbent Rohul Achmad masih unggul sementara dari hasil real count. Wakil Bupati, HM Harris juga unggul di Pelalawan.
Calon nomor urut lima ini sesuai perolehan suara terkini real count KPU Rohul di masing-masing TPS di 16 kecamatan pukul 23.20 WIB, meraih suara sementara terbanyak dari lima pasangan lainnya. Data perolehan suara yang masuk 593 dari 873 TPS, dengan total suara pemilih yang masuk 156.055 suara.
Pasangan Achmad-Hafit Syukri mendulang 54.275 suara atau 34,78 persen. Pasangan nomor urut 4, H Suparman SSos MSi-H Hamulian SP sebanyak 35.055 suara atau 22,46 persen.
Pasangan nomor urut 2, H Sukiman-Arisman SSos 27.728 suara atau 17,77 persen. Pasangan nomor urut 3, H Joni Irwan SH MH-Daswanto SIP 21.402 suara atau 13,71 persen.
Pasangan nomor urut nomor 1, H Zulkifli Yusuf SH MH-Muzawir LS SH 9.509 suara atau 6,09 persen. Pasangan nomor urut 6, Teddy Mirza Dal-H M Damsir Ali 8.086 suara.
Hingga berita ini diturunkan, monitor real count KPU Rohul masih memperbarui perolehan suara. Untuk sementara, pasangan nomor urut 5 masih teratas. Pasangan nomor urut 4 dan 2 terlihat saling kejar dalam hitungan detik.
Pemutakhiran penghitungan suara di TPS dikirim masing-masing Ketua KPPS melalui SMS ke server real count. Ratusan masyarakat yang menyaksikan tetap bertahan di dalam dan di luar Gedung Pertemuan Pasirpengaraian. Sejak pukul 07.00 WIB-pukul 13.00 WIB, 318.061 pemilih yang berpartisipasi.
Achmad Luapkan Kegembiraan
Pasangan nomor urut 5, Drs H Achmad MSi beserta istri dan warga Kampung Nagori Desa Babussalam Kecamatan Rambah, Rabu (16/2) petang telah meluapkan kegembiraan, mandi bersama dengan ratusan masyarakat di Sungai batang Lubuh Pasirpengaraian. Ketika diketahui perolehan suaranya unggul, Achmad langsung terjun.
Dia optimis memenangi Pemilukada Rohul 2011. Achmad beserta istri diarak ratusan massa dan simpatisan serta warga Kampung Nagori. Usai mandi dengan pakaian basah kuyup bersama istrinya, Achmad tak kuasa menahan kegembiraannya dengan menebar senyum.
‘’Pertama-tama kami mengucap syukur dan terima kasih pada Allah SWT serta masyarakat Rohul. Saya tak menyangka, rakyat Rohul masih di belakang saya bersama Pak Hafith. Kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Rohul. Mudahan-mudahan ini memotiviasi kami untuk berbuat lebih baik,’’ katanya.
HM Harris-Marwan Unggul
Di Pelalawan, HM Harris-Marwan Ibrahim unggul. Mereka bersaing ketat dengan Anas Badrun-Narsum. Sementara HT Khalil Jaafar terpaut jauh. HM Harris yang memberi suara di TPS I kelurahan Pangkalankerinci Barat, menang 51 persen. Dari 219 suara sah, pasangan nomor urut satu berhasil meraup 113 suara. Khalil-Tamrin dan Anas-Narsum 75 suara dan 31 suara. Sebaliknya, di kandang Anas Badrun, TPS 13 Kelurahan Pangkalankerinci Kota, Anas-Narsum menang 74 persen dengan 243 suara dari 326 suara sah. Anas Badrun juga unggul di tempat Tengku Khalil Jaafar, TPS 09 perumahan Permata Andalan Pangkalankerinci Timur dengan 129 suara.
Persaingan ketat pasangan nomor urut satu dan tiga juga tergambar dari perebutan pengaruh ketokohan di sebelas kecamatan. Data tabulasi penghitungan suara 400-an TPS di kantor Kesbanglinmaspol Pelalawan mencatatkan dominasi dua pasangan ini.
HM Harris-Marwan Ibrahim unggul di lima kecamatan, yaitu Langgam, Pangkalan Kuras, Bunut, Bandar Petalangan dan Pangkalan Lesung. Pasangan Anas-Narsum sukses meraup kemenangan pada enam kecamatan, yaitu Bandar Seikijang, Pangkalankerinci, Teluk Meranti, Kuala Kampar, Kerumutan dan Ukui. Satu-satunya kecamatan yang jadi milik pasangan Khalil-Tamrin adalah Pelalawan.
Meski menang di lebih enam kecamatan, jumlah perolehan suara pasangan Anas-Narsum masih kalah terhadap pasangan HM Harris-Narsum. Data dari kantor Kesbanglinmaspol mencatatkan keunggulan sementara HM Harris 42,19 persen. Hingga pukul 17.30 WIB, perolehan dukungan HM Harris-Marwan Ibrahim 45.576 suara dari 108.001 suara. Anas-Narsum di urutan kedua dengan 39.687 suara (36,74 persen) dan ketiga pasangan Khalil Tamrin dengan 22.738 suara (21,05 persen).
Kepala kantor Kesbanlinmaspol Pelalawan Drs H Ishak M Arani mengatakan, data tabulasi penghitungan suara TPS belum final. ‘’108.001 suara itu terhitung sampai tadi. Kita sampai pukul 17.30 WIB. Masih banyak TPS yang belum menyampaikan hasil tabulasi,’’ ujar Ishak M Arani.
Untuk jumlah pemilih DPT kabupaten sebanyak 199.812, laporan tabulasi yang sudah tercatat di kantor Kesbanglonmaspol baru 54 persen. Tapi sisa suara diperkirakan hanya sembilan persen. ‘’Partisipasi pemilih paling tinggi 65 persen,’’ tambah Ishak.
Namun pihaknya tak mau berspekulasi data sementara ini menggambarkan hasil akhir. ‘’Yang jelas kalau sisanya numpuk di calon nomor urut tiga, dia bisa menang. Kalau terbagi rata ceritanya lain,’’ ujarnya.
Menurut informasi dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan camat, penghitungan suara pada 526 TPS sudah selesai. Hasil penghitungan petugas di kecamatan juga menempatkan pasangan HM Harris-Marwan Ibrahim sebagai peraih suara terbanyak sementara. HM Harris meraih 51.136 suara (41,5 persen), Anas-Narsum 47.706 suara (38,7 persen) dan pasangan Khalil-Tamrin 24.402 suara (19,8 persen).
Menanggapi itu, HM Harris mengatakan, kini belum saatnya meluapkan kegembiraan. Di sela menyaksikan layar real count di kantor DPD Golkar Pelalawan, HM Harris minta pendukungnya melanjutkan pekerjaan yang belum tuntas.
‘’Kita optimis pada akhirnya akan menang. Tapi hari ini kerja belum selesai. Kita tetap menunggu keputusan pleno KPU Pelalawan,’’ ujar HM Harris. Ia mengajak rival-rival politiknya menerima apapun hasil Pemilukada.
Tinjau Pemilukada
Pelaksanaan Pemilukada ditinjau langsung Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Saat di Rohul, Rusli bersama Ketua KPU Riau Raja Syofyan Samad didampingi Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad beserta jajaran dan sejumlah Upika meninjau di Kecamatan Ujung Batu.
Saat pemantauan, gubernur sempat mendengar keluhan dari beberapa warga yang mengaku tak dapat surat suara.
Pantauan Riau Pos di lapangan, sekitar pukul 10.00 WIB rombongan Gubri datang menggunakan heli, tiba di lapangan stadion mini Ujung Batu. Rombongan langsung memantau TPS 15 di SMAN 1 Ujung Batu Kelurahan Ujung Batu. Saat itu, Gubernur Riau didampingi Sekda Rohul Mewahidin.
Seperti yang disampaikan salah seorang warga, Ratna (45), warga Dusun Pasar Baru Kelurahan Ujung Batu Kecamatan Ujung Batu. Ia mengaku tak dapat surat suara dan tak terdaftar di DPT.
Gubri mengaku ada beberapa masalah yang sedikit menghambat proses Pemilukada Rohul.
Di Pelalawan, rombongan diterima Bupati Pelalawan H Rustam Effendi, Wabup HM Harris, Plt Sekda H Zardewan dan Kapolres Pelalawan Arii Rahman Napari. Gubri langsung meninjau TPS 1, Kelurahan Kerinci Barat tempat HM Harris dan keluarga mencoblos.
Ia mengaku belum dapat laporan gangguan pelaksanaan di Pelalawan

Simulasi Jangka Sorong