Achmad Rayakan Kemengan dengan Ceburkan Diri ke Sungai

Written By Juhernaidi on Rabu, 16 Februari 2011 | 10:23:00 PM



Meskipun KPU Rohul belum mengumumkan hasil perhitungan suara, namun calon bupati Achmad sudah yakin keluar sebagai pemenang. Untuk merayakannya, ia menceburkan diri ke Sungai Batang Lubuh.

PASIRPANGARAIAN- Optimis menang pada Pemilukada Rokan Hulu periode 2011-2016 mendatang, calon incumbent, Bupati Achmad, ceburkan diri ke Sungai Batang Lubuh bersama ribuan pendukung dan simpatisannya, Rabu (16/2/11) sore.

Usai melihat hasil Quick Count di rumahnya, tanpa disuruh, puluhan masyarakat menariknya dan mendukungnya di bahu untuk dibawa ke tepian Sungai Batang Lubuh.

Dalam ribuan kerumunan massa, terlihat puluhan ibu-ibu terharu dan mengeluarkan air mata. Selain mengelu-elukan calon incumbent, mereka berebut untuk ikut menceburkan diri ke Sungai Batang Lubuh.

“Saya tidak menyangka rakyat Rokan Hulu masih dibelakang saya dan Pak Hafith, kemenangan ini adalah kemenangan untuk rakyat. Mudahan-mudahan kemenengan kedua ini memotiviasi dan mendorong kami berdua untuk melakukan berbuat yang terbaik lima tahun kedepan untuk rakyat,” ujar calon incumbent, Achmad, menjawab pertanyaan Riauterkini dengan senyuman gembira, dan teriakan dari ribuan massa simpatisan dan pendukungnya, usai menceburkan diri di Sungai Batang Lubuh.

Jelas Bupati Achmad, menceburkan diri ke sungai merupakan tradisi masyarakat tempat tinggalnya, di Dusun Nogori, Desa Babussalam, dan khususnya masyarakat Kecamatan Rambah, sebab secara kebetulan dibelakang rumah masyarakat ada Sungai Batang Lubuh, saksi sejarah terbentuknya Kabupaten Rokan Hulu, tahun 1999 lalu.

Jika ada hal yang menggembirakan, warga biasa meluapkan kegembiraan dengan menceburkan diri ke sungai. “Seperti apa yang kami lakukan sekarang ini bersama ribuan masyarakat, betul-betul untuk meluapkan kegembiraan yang luar biasa sore ini,” kata Achmad, sambil memeluk istrinya tercintanya, Hj Maghdalisni Achmad.

Tradisi menceburkan diri ke sungai yang dilakukan calon incumbent Achmad, sore tadi sudah dua kali dilakukannya, setelah sebelumnya pada tahun 2006, Achmad mengalahkan pasangan incumbent Ramlan Zas-Sarifuddin.

Walau hasil penghitungan suara belum final di Komisi Pemilihan Umum Rokan Hulu, namun Achmad sangat optimis menang. Sebab, berdasarkan Quick Count yang dilakukan tim teknisnya, perolehan suara nomor urut 5, Achmad-Hafit Syukri (Asri) sudah diatas 43 persen, mengunggulu dari lima pasangan lainnya, dari hasil sementara di 16 kecamaan sudah diatas 60 persen.

“Insya Allah kami dipastikan menang. Dengan izin Allah SWT, kemenangan ini ada pada kami, lanjutkan!,” semangat calon incumbent.

Dengan didukung dari kediamannya, dan diarak ribuan simpatisan dan pendukungnya, Achmad mengaku merasa terharu, sekaligus gembira. Ia tidak menyangka besarnya dukungan masyarakat terhadap dirinya. Untuk itu ia berjanji akan berbuat lebih baik secara keseluruhan untuk membangun Kabupaten Rokan Hulu lima tahun kedepan.

Simulasi Jangka Sorong