Hari Ini, Warga Rohul dan Pelalawan Pilih Bupati

Written By Juhernaidi on Rabu, 16 Februari 2011 | 12:10:00 PM

 Hari ini, Selasa (16/2), 318.061 warga Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan mencoblos di 873 Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Sementara di Kabupaten Pelalawan, 199.812 pemilih juga akan mencoblos di 526 TPS.
Ketua KPUD Rokan Hulu Jonnaidi Dasa SSi pada Riau Pos, Selasa (15/2) usai meninjau persiapan logistik di TPS bersama petugas KPPS di Kecamatan Tandun menyebutkan, pihaknya siap melaksanakan Pemilukada. Dari laporan dan hasil tinjauan lapangan KPU, seluruh persiapan logistik Pemilukada Rohul 2011, sebagian sudah sampai ke KPPS. Daerah yang jarak tempuhnya sulit, dikawal ketat aparat keamanan. Sebagian logistik masih ada di PPS.
‘’Kita pastikan, besok (hari ini, red) Rabu (16/2), sebelum pukul 07.00 WIB, seluruh logistik termasuk alat kelengkapan TPS sudah ada di 873 TPS yang sudah ditetapkan KPU,’’ ujarnya.
Jonnaidi menyebutkan, DPT Pemilukada Rohul 2011 berasal dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) ditambah daftar pemilih tambahan (DPTb). DPT Pemilukada Rohul 2011, 318.061 pemilih, terdiri dari 166.553 laki-laki dan 151.508 perempuan. Jonnaidi menyebutkan, hasil Pemilukada Kabupaten Rohul, pada Rabu (16/2) malam sekitar pukul 22.00 WIB bisa diketahui masyarakat. Pasalnya, KPU menerapkan sistem real count (hitung terkini) bekerja sama dengan salah satu Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), untuk meng-update (memperbarui) hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Para Ketua KPPS akan mengirim data dengan SMS ke Media Center KPU Rohul.
Tak Ada Quick Count
Sementara itu, Rabu (16/2) ini, 199.812 warga Pelalawan juga akan memberi hak suaranya di 526 TPS. Tapi, sesuai jadwal tahapan Pemilukada, KPU Pelalawan baru akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara 12 kecamatan pada Ahad (20/2).
Ketua KPU Pelalawan Ir H Abdul Hamid MSi mengatakan, pihaknya takkan menerapkan sistem penghitungan cepat (quick count). ‘’Kenapa? Pertama, karena hasil yang dipakai menurut aturan perundangan adalah hasil penghitungan manual. Kedua, kita tak punya pos anggaran quick count,’’ ujar Abdul Hamid pada Riau Pos, Selasa (15/2). Pihaknya tak menghalangi jika ada organisasi non pemerintah yang melakukan penghitungan cepat. Hanya, apapun hasilnya, tak boleh dianggap sebagai hasil resmi. ‘’Barangkali sebagai angka pembanding oleh lembaga tertentu. Tapi kita tetap memakai hasil penghitungan manual yang dilakukan KPPS, kemudian direkap di PPK,’’  tegas Hamid.
Pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB-pukul 13.00 WIB. Penghitungan suara dimulai pukul 13.30 WIB dan diperkirakan tuntas pukul 16.00 WIB di tingkat TPS. Selanjutnya surat suara dan blanko-blanko pemungutan suara dimasukkan kembali dalam kotak suara untuk diantar ke sekretariat PPK. ‘’Pada hari yang sama, hasil penghitungan di TPS sudah sampai ke PPK melalui PPS. Kamis, dilaksanakan pleno rekapitulasi di tingkat PPK,’’ jelas Abdul Hamid.
Diharapkan pleno rekapitulasi tingkat PPK akan selesai dalam sehari. Jika semua tahapan penghitungan tepat waktu, KPU Pelalawan akan melaksanakan rapat pleno akhir pada 20 Februari 2011. Hasil penghitungan itu kemudian akan ditetapkan dan diumumkan melalui rapat pleno KPU Pelalawan pada 23 Februari 2011.
Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP dijadwalkan ikut meninjau daerah yang melaksanakan Pemilukada. ‘’Ini wujud komitmen Pemprov Riau mendukung pesta demokrasi,’’ ujar Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP melalui Kepala Biro Humas Setaprov Riau Chairul Riski.

Simulasi Jangka Sorong