Di Masa Depan Gadget Pakai Jantung Manusia Sebagai Baterai

Written By Juhernaidi on Kamis, 31 Maret 2011 | 5:48:00 PM

Gambar ilustrasi. (Foto: google)
LONDON - Pasokan sumber energi alternatif bertebaran di alam, mulai dari matahari, tumbuhan, air, angin dan masih banyak lagi. Tubuh kita pun bisa memasok energi.Nah, mari tengok penemuan terbaru ini!

Apakah Anda Pernah terpikir memanfaatkan jantung manusia untuk mengisi baterai gadget?

Beberapa ilmuwan dari Georgia Institute of Technology berupaya untuk mewujudkan wacana itu dalam beberapa tahun ke depan.

Berbekal teknologi nano, para ilmuwan memungkinkan detak jantung Anda bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai (charge) gadget, wow!

Pada konferensi National Meeting and Exposition of the American Chemical Society, tim ilmuwan ini menyebutkan mereka mengembangkan chip yang sangat kecil, untuk disematkan pada anggota badan manusia, untuk menghasilkan listrik bagi gadget.
Menggunakan kawat nano zinc oxide, mereka menemukan bahwa tenaga listrik bisa dihasilkan setiap kali terjadi gerakan tubuh, bahkan jika hanya berupa cubitan jari. Demikian seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (31/3/2011).

Melalui penemuan ini mereka berharap suatu hari nanti jantung manusia bisa dimanfaatkan untuk mengisi baterai berbagai perangkat pintar, termasuk iPod dan ponsel.

"Perkembangan ini menjadi tonggak sejarah dalam produksi perangkat elektronik portabel yang bisa dinyalakan dengan gerakan tubuh tanpa harus menggunakan baterai atau outlet listrik," ungkap ketua peneliti Dr Zhong Lin Wang.

"Generator nano kami bisa mengubah kehidupan di masa depan. Potensi mereka hanya dibatasi oleh imajinasi seseorang. Jika kami bisa mendukung kemajuannya, generator nano ini bisa diaplikasikan ke lebih banyak perangkat yang membutuhkan daya lebih besar," lanjutnya.

Teknologi temuan tim pimpinan Dr Wang ini menggunakan jutaan kawat nano, yang 500 kali lebih tipis dari lembaran rambut manusia. Berdasarkan hasil uji coba, lima generator nano mampu menghasilkan daya sama seperti dua baterai AA (3 volt atau 1 mikro ampere).

"Daya beberapa volt mungkin tidak terlihat banyak tapi generator nano ini sudah mengalami perkembangan dari versi-versi sebelumnya. Tambahan kawat nano dan nano generator, jika disatukan bisa memproduksi daya yang cukup untuk mendukung perangkat elektronik lebih besar seperti iPod atau mengisi baterai ponsel," pungkas Dr Wang

Simulasi Jangka Sorong