Kelompok Sufi dan Syiah Mesir Bersatu Serukan Perlawanan Terhadap Salafi

Written By Juhernaidi on Kamis, 31 Maret 2011 | 5:23:00 PM

Pemimpin dan pengikut sufi mengancam akan melancarkan sebuah perang sufi terhadap mereka yang bertanggung jawab atas penghancuran tempat suci milik keluarga Nabi Muhammad SAW, kelompok Sufi Mesir ini menggambarkan diri mereka sebagai tentara Allah yang dibebankan untuk mempertahankan tempat 'keramat' dan makam ini.
Beberapa pengikut tasawuf baru-baru ini menuduh kelompok Salafi menyerang dan menghancurkan tempat pemujaan milik ulama sufi di berbagai wilayah Mesir, termasuk Alexandria, Beheira dan Monufiya.
Selama aksi protes yang diselenggarakan oleh Dewan Agung untuk seruan Sufi di halaman Masjid Hussein pada Selasa malam lalu, para pengikut sufi meminta Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata untuk mencela pembongkaran tempat yang mereka keramatkan. Mereka juga mengancam akan mencegah kelompok Salafi dari memasuki tempat suci milik keluarga Nabi Muhammad SAW.
Para pengikut sufi ini juga meminta semua murid Sufi untuk bersatu dalam rangka menghentikan apa yang mereka gambarkan sebagai "premanisme Salafi" di tempat keramat, serta seruan pembentukan komite sufi di semua tempat keramat untuk melindungi tempat tersebut.
Selama protes, sejumlah poster mereka gelar dengan tulisan "Tidak untuk penghancuran tempat-tempat keramat" dan "Kami meminta pemerintah Mesir dan dewan militer untuk melindungi tempat-tempat suci dan identitas Islam Mesir."
Sementara itu, sejumlah murid sufi berusaha untuk memimpin aksi protes di luar lapangan. Namun, dihentikan oleh pemimpin sufi Rifai, yang memerintahkan mereka untuk tidak meninggalkan lapangan untuk mencegah terjadinya gangguan lalu lintas di Azhar Street.
Aksi protes mereka bergabung dengan sejumlah pemimpin komunitas Syiah Mesir, dipimpin oleh pemimpin Syiah Mesir Muhammad al-Darini, juga oleh kepala Sindikasi al-Ashraf. Al-Darini mengatakan dia datang untuk bergabung dengan demo sufi dalam menentang serangan yang sedang berlangsung dari kelompok Salafi Wahabisme, yang katanya menunjukkan tidak menghormati keyakinan kelompok Islam atau agama lain

Simulasi Jangka Sorong