Kembali Bom Targetkan Pimpinan Partai Jamiat Ulama Islam Pakistan

Written By Juhernaidi on Kamis, 31 Maret 2011 | 5:17:00 PM

Sebuah bom pinggir jalan menghantam sebuah konvoi yang membawa seorang pemimpin politis Islam terkemuka di Pakistan barat laut pada hari Kamis ini (31/3), menewaskan 10 orang dalam serangan kedua yang tampaknya menargetkan politisi dalam beberapa hari terakhir, kata polisi.
Maulana Fazlur Rahman, pimpinan partai Jamiat Ulama Islam, mengatakan kepada TV lokal setelah serangan di kota Charsadda bahwa dirinya tidak terluka, tapi kendaraannya sedikit rusak. Serangan itu terjadi sehari setelah seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di tengah kerumunan pendukung Rahman beberap menit setelah ia melewati kerumunan pendukungnya.
Rahman telah menjadi pendukung vokal dari Taliban Afghanistan, tetapi beberapa militan di Pakistan telah menunjukkan kemauan mereka untuk menargetkan siapa pun yang terhubung ke pemerintah yang didukung AS. Kabel diplomatik AS yang dirilis oleh WikiLeaks tahun lalu juga mengungkapkan bahwa Rahman diduga mencari dukungan dari para pejabat AS di Pakistan meski melakukan kritik sengit terhadap Washington di depan umum.
10 orang tewas dalam serangan hari Kamis ini menyertakan minimal satu polisi tewas, kata Rahman Gul, seorang pejabat polisi di Charsadda. Ledakan itu juga melukai sedikitnya 20 orang, katanya menambahkan.
Tayangan televisi lokal menunjukkan sebuah truk polisi rusak akibat ledakan itu, bagian depannya sebagian robek dan sampingnya hancur berlubang terkena pecahan peluru. Beberapa toko-toko di dekatnya juga rusak dan barang-barang yang ada di toko tumpah ke jalan.
Pada hari Rabu sebelumnya, seorang pembom bunuh diri dengan mengendarai sepeda motor meledakkan dirinya di sebuah pos pemeriksaan polisi yang dikelilingi oleh pendukung Rahman yang datang untuk menyambutnya saat ia melakukan perjalanan ke Charsadda untuk melakukan pertemuan publik. Ledakan itu menewaskan 13 orang.

Simulasi Jangka Sorong