Pasukan Oposisi Libya Semakin Mendekati Gerbang Kota Tripoli

Written By Juhernaidi on Kamis, 31 Maret 2011 | 5:20:00 PM

Pasukan revolusioner Libya semakin bergerak maju ke arah ibukota Tripoli setelah mendapatkan kontrol beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh pasukan yang setia kepada penguasa Libya yang diperangi Muammar Gaddafi.
Kota strategis Sirte, yang merupakan kota kelahiran pemimpin Libya, telah menjadi area pertempuran besar di negara Afrika Utara, kata seorang koresponden Press TV Rabu malam (30/3).
Ini adalah kota terbesar kedua sebelum Tripoli dan banyak orang mengatakan jika Sirte jatuh, hal itu akan menjadi awal dari berakhirnya rezim Gaddafi, laporan tersebut menambahkan.
Pasukan Revolusioner juga merayakan kemenangan mereka di kota Ajdabiya, di mana mereka berada berhasil mengambil kendali kota itu sekarang.
Ajdabiya, sebuah kota minyak utama hanya 160 kilometer (100 mil) dari kubu oposisi Benghazi, telah menjadi tempat sasaran pemboman berat beberapa hari terakhir.
Sementara itu, pasukan rezim telah meluncurkan serangan mematikan di kota barat Misratah.
Menurut laporan, loyalis Gaddafi telah merebut kembali kota-kota strategis Ras Lanuf dan Ben Jawad dan saat ini sedang dalam perjalanan mereka menuju Brega.
Di Tripoli, ledakan mengguncang sebuah daerah pinggiran timur ibukota Libya pada saat pesawat tempur dari koalisi Barat menyerang kota-kota Libya.
Libya mengatakan setidaknya 114 orang - banyak dari mereka merupakan warga sipil - telah tewas sejak pasukan pimpinan Amerika melancarkan serangan udara dan laut di negara Afrika Utara tersebut.
Pasukan Libya juga telah menewaskan ribuan warga sipil sejak revolusi di mulai melawan Kolonel Gaddafi pada pertengahan Februari lalu

Simulasi Jangka Sorong