Pesawat Tanpa Awak AS Kembali Jatuh di Afghanistan

Written By Juhernaidi on Kamis, 31 Maret 2011 | 5:18:00 PM

Sebuah pesawat tak berawak AS telah jatuh di Afghanistan tenggara, menjadikan insiden ini yang terbaru dalam sejumlah 'kecelakaan' yang sama pesawat koalisi di negara yang dilanda perang tersebut.
Ruhollah Samon, juru bicara pemerintah provinsi Paktia di Afghanistan timur, Rabu (30/3) menegaskan bahwa pesawat tak berawak AS jatuh di kabupaten Zurmat, seorang koresponden Press TV melaporkan.
Menurut laporan itu, bangkai pesawat belum ditemukan dan polisi Afghanistan telah mengirim tim investigasi ke daerah itu untuk mencarinya.
Pejabat Afghanistan lebih lanjut mencatat bahwa baik pasukan koalisi maupun Taliban belum berkomentar tentang terjadinya 'kecelakaan' itu.
Provinsi Paktia Afghanistan yang terletak di dekat Pakistan wilayah Waziristan Utara, sering menjadi sasaran tembakan pesawat-pesawat tanpa awak AS. Kebanyakan pesawat drone AS beroperasi di dekat perbatasan Afghanistan dengan Pakistan atau di dalam wilayah kesukuan Pakistan.
Beberapa pesawat drone telah jatuh baik jatuh karean ditembak oleh pejuang Taliban di Afghanistan maupun jatuh karena kecelakaan sejak awal perang pimpinan Amerika di negara Asia itu pada tahun 2001.
Para pejuang Taliban mengklaim bahwa mereka telah menembak jatuh beberapa helikopter NATO dan pesawat tak berawak di berbagai bagian Afghanistan selama beberapa bulan terakhir

Simulasi Jangka Sorong