Redbridge Islamic Center London Diserang

Written By Juhernaidi on Senin, 28 Maret 2011 | 8:33:00 PM

Jamaah masjid Redbridge Islamic Center yang terletak di dekat kota London, terkejut dan ketakutan ketika sekelompok lelaki berjumlah enam hingga tujuh orang, tiba-tiba menyerbu masuk sambil melontarkan kata-kata bernuansa rasis.
Peristiwa itu terjadi Kamis (24/3), sekitar pukul 19.45 menjelang salat isya. Saat itu, masjid sudah ramai oleh para jamaah. Sebagian jamaah sudah berada di dalam masjid, dan sebagian lagi masih di luar masjid ketika sekelompok orang tak dikenal itu datang menyerbu.
Selain melontarkan perkataan bernuansa rasis, kelompok itu juga melemparkan batu bata ke arah masjid, sehingga kaca di bagian pintu depan masjid rusak. Beberapa kendaraan yang berada di tempat parkir juga dirusak. Seorang jamaah mengalami luka ringan di bagian kepala dalam insiden tersebut.
Jamaah dan sejumlah orang yang kebetulan lewat dan melihat kejadian itu, berhasil meringkus beberapa pelaku serangan, hingga polisi datang ke masjid yang terletak Eastern Avenue, Gants Hill dan akhirnya menangkap enam orang anggota kelompok penyerang tersebut.
Kepala Inspektur Polisi di Redbridge, Stan Greatrick mengatakan, pihaknya akan menugaskan aparatnya untuk berjaga-jaga di sekitar masjid. Ia juga meminta warga sekitar yang melihat atau mengenali ada anggota kelompok penyerang yang lain, untuk segera melaporkannya pada polisi.
"Kami sudah menambah petugas patroli di Eastern Avenue, dan kami ingin meyakinkan kembali warga lokal dan para jamaah di Masjid Redbridge bahwa kami menangani kasus ini dengan serius," kata Greatrick.
Sementara Imam masjid, Abu Khayer Ali menyayangkan terjadinya serangan itu. Menurutnya, masyarakat di Redbrigde merupakan masyarakat yang kompak dan saling bertoleransi.
"Ini merupakan hari yang menyedihkan. Kami tidak akan membiarkan serangan ini menimbulkan perpecahan di masyarakat. Tapi, akan mendorong Redbridge Islamic Center untuk bekerja lebih keras untuk menghapus stigma dan diskriminasi terhadap komunitas Muslim," tukasnya.

Simulasi Jangka Sorong