Serang Pembuat Kartun Nabi, Mohamed Geele Divonis 9 Tahun Penjara

Written By Juhernaidi on Senin, 28 Maret 2011 | 8:31:00 PM

Pengadilan Denmark menyatakan Mohamed Geele bersalah atas dakwaan terorisme dan percobaan pembunuhan terhadap Kurt Westergaard--kartunis Denmark yang menggambar kartun Nabi Muhammad Saw tahun 2005. Untuk itu pengadilan menjatuhkan vonis 9 tahun penjara pada lelaki asal Somalia itu.
Pengadilan juga menolak permintaan Geele, 29, agar tidak dipulangkan ke negara asalnya, setelah habis menjalani masa hukuman. "Mohamed Geele dihukum 9 tahun penjara dan akan diusir dari Denmark selama-lamanya," kata Ingrid Thorsboe, ketua majelis hakim yang memimpin persidangan.
Geele yang juga disebut-sebut anggota kelompok Islamis militan Al-Shebab di Somalia, didakwa melakukan percobaan pembunuhan terhadap Westergaard pada malam tahun baru 2010, dengan menggunakan sebuah kapak. Westergaard, kartunis berusia 75 tahun mengaku ketakutan dan merasa ia akan mati hari itu, ketika mengetahui Geele berhasil masuk ke rumahnya. Saat itu, dalam ketakutan, Westergaard hanya bisa bersembunyi di sebuah ruangan kecil dan dari ruangan itu ia berhasil menghubungi polisi.
Wetergaard, yang saat pembacaan vonis tidak hadir di persidangan, menyatakan puas dengan vonis pengadilan. "Saya pikir, dia (Geele) layak mendapatkan hukuman itu. Keadilan sudah ditegakkan," ujarnya.
Kartunis Denmark itu juga mengatakan bahwa Geele hanya korban dari Islamisme. "Dia ingin menjadi martir, ingin mati sebagai martir. Di penjara, dia akan merenungkan agamanya dan akan menyesali fanatisme yang telah membuatnya terdampar di balik jeruji penjara," tukas Westergaard yang tidak pernah tersentuh hukum meski perbuatannya telah melecehkan agama Islam dan memicu aksi protes muslim di berbagai negara, diantaranya diwarnai bentrokan.

Simulasi Jangka Sorong