"Foto Tim Pembunuh AS Lebih Buruk Dari Skandal Abu Ghraib"

Written By Juhernaidi on Jumat, 01 April 2011 | 9:52:00 AM

KEJAM: Dalam foto yang dirilis, terlihat seorang tahanan di penjara Abu Ghraib diperlakukan dengan tidak berprikemanusiaan. Pembantaian yang terjadi di Afghanistan disamakan dengan apa yang terjadi di penjara tersebut. (Foto: AP)
KEJAM: Dalam foto yang dirilis, terlihat seorang tahanan di penjara Abu Ghraib diperlakukan dengan tidak berprikemanusiaan. Pembantaian yang terjadi di Afghanistan disamakan dengan apa yang terjadi di penjara tersebut. (Foto: AP)

WASHINGTON  – Mantan menteri pertahanan untuk Presiden George W. Bush menggambarkan foto "Tim Pembunuh" Afghanistan sebagai "jauh lebih buruk" daripada foto-foto Abu Ghraib. Donald Rumsfeld mengatakan foto-foto itu lebih jahat daripada foto tentara AS yang meletakkan tahanan dalam posisi memalukan di penjara Abu Ghraib, Irak.
Pentagon meminta maaf pada hari Senin setelah detail baru memalukan muncul tentang bagaimana tentara AS membentuk ‘skuad kematian’ untuk secara acak membunuh dan memutilasi warga sipil Afghanistan.
Sebuah penyelidikan oleh majalah Rolling Stone merinci bagaimana personil senior gagal menghentikan para tentara dari membunuh warga Afghan dan menyimpan bagian tubuh mereka sebagai trofi.
"Aku merasakan sebuah tanggung jawab sebagai seorang Amerika bahwa ketika orang berada dalam tahanan kita, kita memperlakukan mereka dengan layak," ujar Rumsfeld.
"Selalu menyedihkan ketika melihat ada tuduhan dan foto atau pernyataan bahwa orang-orang telah salah melakukan proses. Dan tentu saja pengadilan akan memutuskan dalam kasus ini."
Minggu lalu, Spesialis Angkatan Darat Jeremy Morlock, 23, mengakui perannya dalam skema gila itu dan dipenjara selama 24 tahun.
Empat tentara lainnya yang akan diadili secara militer adalah Calvin Gibbs, Adam C. Winfield, Michael S. Wagnon II dan Andrew H. Holmes.
Rumsfeld menambahkan, "Situasinya, tentu saja, jauh lebih buruk daripada jika seseorang meninggal, tapi ini adalah hal yang menyedihkan. Sangat disayangkan."
"Mayoritas pria dan wanita dalam seragam itu adalah profesional. Mereka menangani diri mereka sendiri dengan baik. Mereka memperlakukan orang dengan layak dalam tahanan kami."
"Dan tidak diragukan lagi bahwa mereka dihukum setelah pengadilan dan komisi militer di bawah kode seragam keadilan militer memutuskan bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang salah. Mereka mendapat hukuman."
Sebelas tentara didakwa dalam pengadilan militer dan dipenjara setelah foto-foto Abu Ghraib dirilis antara tahun 2004-2006.
Beberapa kaum liberal menyerukan kepada Presiden Bush untuk memecat Rumsfeld, serta untuk Kongres untuk mengajukan mosi tidak percaya pada Bush dan wakil presiden Dick Cheney atas skandal Abu Ghraib.
Rumsfeld mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan di tahun 2006 setelah Presiden Bush mengatakan tidak akan menerima pengunduran dirinya dalam dua kesempatan sebelumnya.
Tapi sejumlah outlet media dan politisi sekarang menyerukan agar Menteri Pertahanan Presiden Obama, Robert Gates, mengundurkan diri atau dipecat atas skandal "Tim Pembunuh."

Simulasi Jangka Sorong