Hebat! Mobil Terbuat Dari Buah-Buahan Meluncur Dua Tahun Lagi?

Written By Juhernaidi on Minggu, 03 April 2011 | 1:49:00 PM

Gambar Ilustrasi. (Foto: google)
LONDON  - Bisa membayangkan sebuah mobil terbuat dari buah-buahan?

Sejumlah ilmuwan dari Brasil kabarnya tengah mengupayakan mobil ini diluncurkan dalam kurun dua tahun ke depan.

Serat dalam buah-buahan tak hanya baik bagi pencernaan tubuh, serat buah-buahan seperti nanas atau pisang misalnya, bisa menjadi bahan pembuat mobil.  

Guna mendukung 'gerakan hijau', ilmuwan di Brasil menggunakan serat dari tumbuh-tumbuhan untuk menciptakan body mobil generasi baru yang sangat kuat.

Dr  Alcides Leao dan timnya dari Paulo State University, telah mencoba menggunakan serat dari buah dan tumbuhan sebagai bahan plastik generasi terbaru untuk digunakan pada produk otomotif seperti mobil atau motor. Mereka meyakini, di masa mendatang, material ini bahkan tidak hanya digunakan untuk membangun body mobil dan bahkan juga suku cadang mesin. Hebat bukan!

Beberapa manufaktur mobil saat ini sudah menguji plastik yang diperkuat oleh materi dari serat buah. Mereka mengklaim plastik ini sudah bisa digunakan pada mobil dua tahun mendatang.

Alcides Leao menjelaskan menambah serat mickroskopik dari buah-buahan seperti nanas dan pisang pada plastik akan membuat plastik itu lebih kuat.

"Beberapa pabrik pembuat mobil telah menguji bahan plastik dari serat buah ini dan kemungkinan besar akan menggunakannya untuk produk mobil mereka dua tahun lagi," kata Leao

"Plastik-plastik seperti ini sangat luar biasa. Ini plastik yang ringan tapi sangat kuat. Plastik ini 30 persen lebih ringan tapi lebih kuat tiga sampai empat kali dibandingkan plastik biasa," papar Leao seperti diberitakan Daily Mail.

"Kami percaya banyak bagian mobil, seperti dashboard dan bemper bisa dibentuk dari serat buah di masa depan. Serat buah akan mengurangi berat mobil dan membantu menghemat bahan bakar," lanjut Leao.

"Hingga saat ini kami masih fokus untuk menggantikan plastik otomotif tapi ke depannya kami mungkin bisa menggantikan suku cadang berbahan besi dan alumunium dengan menggunakan material dengan bahan nano-selulosa ini," tutupnya.

Bahan ini juga dikatakannya akan lebih tahan terhadap panas, tumpahan bensin, air dan oksigen ketimbang bahan plastik untuk otomotif pada umumnya.

"Dunia kesehatan pun bisa menggunakannya. Bahan ini potensial untuk pembuatan katup jantung dan jaringan pengikat sendi artifisial," katanya.

Simulasi Jangka Sorong