Ilmuwan Temukan 'Sepupu T-rex' Raksasa di China

Written By Juhernaidi on Sabtu, 02 April 2011 | 9:09:00 AM

sketsa gambar Zhuchengtyrannus Magnus dari Robert Nichollss. (Foto: msn.com)
LONDON  - Ilmuwan temukan fosil dinosaurus pemakan daging yang disebut sebagai 'sepupu T-Rex' di lokasi "tambang dinosaurus"bagian timur provinsi Shandong, China.

Makhluk raksasa itu berkeliaran di Amerika Utara dan Asia timur antara sekitar 65 juta dan 99 juta tahun yang lalu.

Dr. David Hone dari University College Dublin, mengatakan kalau fosil tersebut merupakan sanak terdekat dari Tyrannosaurus Rex. Demikian yang diberitakan Telegraph, Jumat (1/4/2011).

Dinosaurus tersebut diberi nama Zhuchengtyrannus Magnus. Diidentifikasi berdasarkan pada tulang tengkorak, rahang dan gigi. Diperkirakan dinosaurus tersebut memiliki panjang sekira 11 meter, tinggi 4 meter dan berat 6 ton.

Dr Hone, dari jurusan biologi dan ilmu lingkungan UCD, menghabiskan tiga tahun di situs Shandong sebelum bergabung dengan perguruan tinggi Dublin. "Zhuchengtyrannu adalah sepupu T-Rex. Penemuan ini tidak terjadi setiap hari. Zhuchengtyrannu adalah salah satu hewan pemangsa terbesar sepanjang masa," ujar Dr. Hone.

"Ini T-rex super-raksasa pertama yang ditemukan dalam waktu yang cukup lama. Ini akan menjadi puncak rantai makanan karena dia menjadi pemangsa terbesar di luar sana, tetapi ada beberapa pasangan lagi di luar sana yang seukuran."

Zhuchengtyrannus Magnus memiliki tengkorak sebesar tiga kaki dan gigi sepanjang 3,5 inci.

Dinosaurus ini telah resmi dinamakan Zhuchengtyrannus magnus untuk menghormati Zhucheng, kota di mana fosil itu ditemukan. Tetapi karena ukurannya yang besar, para ilmuwan cepat menyebutnya sepupu T-Rex.

"Kami beri nama Zhuchengtyrannus Magnus, yang berarti Raja Lalim dari provinsi Zhucheng. Hal ini dikarenakan tulangnya ditemukan di kota Zhucheng, wilayah timur provinsi Shandong," jelas Dr. David Hone.

Penelitian ini diterbitkan di Creatceous Research dalam jurnal online Science Direct.

Sebuah fosil dinosaurus yang diperkirakan memiliki hubungan kerabat dengan T-Rex juga ditemukan di tempat fosil Zhuchengtyrannus Magnus ditemukan, namun masih dalam proses analisis.

Simulasi Jangka Sorong