Wartawan Istana Wapres Dikejutkan Imbas Gempa Ujungkulon

Written By Juhernaidi on Selasa, 05 April 2011 | 1:41:00 PM

ILUSTRASI: Istana Wakil Presiden. Sejumlah warga Jakarta merasakan gempa yang melanda beberapa jam tersebut, termasuk sejumlah wartawan yang sedang berada di lingkungan Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. (foto: Okezone.com) JAKARTA  - Gempa 5,4 SR yang berpusat di 83 km tenggara Ujungkulon atau 164 km barat daya Jakarta, tidak berpotensi tsunami. Demikian informasi dari BMKG, Selasa (5/4/2011). Goyangan gempa ini dirasakan oleh para pekerja kantoran di gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. Gempa ini berpusat di kedalaman 23 km.

"Gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami," demikian BMKG dalam situs resminya.
Sejumlah pembaca detikcom melaporkan gempa tersebut. "Daerah Kampung Jawa, Leuwiliang, Bogor, ada getaran gempa kecil, hanya beberapa detik," lapor Femy.

"Telah terjadi gempa bumi di daerah Serang, Banten sekitar 3 menit yang lalu," tulis pembaca lainnya.

Badan Meteorologi dan Geofisika mencatat terjadi gempa bumi pada pukul 11.34 WIB dengan pusat terjadi di 7.38 Lintang Selatan, 105.97 Bujur Timur dengan kekuatan 5,4 SR ini dirasakan hingga Jakarta.

Sejumlah warga Jakarta merasakan gempa yang melanda beberapa jam tersebut, termasuk sejumlah wartawan yang sedang berada di lingkungan Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Sekalipun sejumlah wartawan tidak berada di dalam gedung bertingkat namun getaran gempa bisa dirasakan beberapa saat.

"Ada gempa," demikian teriak seorang wartawan dari media online yang saat itu sedang mengetik berita di dalam ruangan pers

Simulasi Jangka Sorong