Gempa Blitar, Warga Surabaya Ikut Panik

Written By Juhernaidi on Selasa, 17 Mei 2011 | 8:47:00 AM

 Gempa dengan kekuatan 6,1 skala Richter yang mengguncang Blitar, Selasa 17 Mei 2011 pukul 07.14 Waktu Indonesia Barat (WIB) juga dirasakan di wilayah Jawa Timur lainnya. Termasuk Surabaya.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Setyawan mengatakan, terkait gempa, kantornya kebanjiran telepon dari warga. "Salah satunya ada guru dan murid yang melakukan kunjungan gedung Graha Pena, Jawa Pos di Jalan A Yani," kata dia kepada VIVAnews.com, Selasa 17 Mei 2011.

Sang guru menelepon karena terasa ada getaran saat naik ke gedung tinggi itu. Selain itu, sejumlah telepon mengabarkan ada getaran di beberapa tempat di Surabaya. "Beberapa telepon juga datang dari kawasan Juanda, kawasan Surabaya Selatan," kata dia.

BMKG menganjurkan, masyarakat tak perlu panik menghadapi gempa Blitar. Namun, juga harus waspada. "Yang paling penting menghindari gedung bertingkat, bangunan tinggi, untuk antisipasi kemungkinan gempa susulan," tambah Setyawan.

Sebelumnya, seperti dimuat Twitter BMKG, pusat gempa berada di 170 kilometer tenggara Blitar. Lindu terjadi di kedalaman 25 kilometer.

Namun, menurut BMKG, gempa Blitar yang berada di 9.55 Lintang Selatan dan 112.55 Bujur Timur itu tidak berpotensi tsunami.

Simulasi Jangka Sorong