Maradona: Aku dan Messi Simbol Kejayaan Sepakbola Argentina!

Written By Juhernaidi on Kamis, 19 Mei 2011 | 1:09:00 PM

Striker Barcelona, Lionel Messi. (foto: getty images)
BUENOS AIRES  - Legenda Argentina, Diego Maradona, seakan tak pernah bosan memberikan pujian kepada pemain Barcelona, Lionel Messi. Maradona mengklaim dirinya dan Messi sebagai simbol kejayaan sepakbola Argentina.
maradona juga menilai, Messi telah berhasil menyamai prestasinya dalam hal menaklukkan sepak bola Eropa.
Nama Messi semakin harum setelah ia menjadi pahlawan bagi timnya saat melawan Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis (28/4/2011) dini hari WIB. Dalam laga itu, Messi mencetak dua gol indah yang membawa "El Real" menang 2-0.
Messi juga telah menjuarai Liga BBVA dan Copa del Rey, seperti yang dilakukan Maradona saat membela Barca pada 1982-1984. Maradona kala itu menjuarai Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.
"Kuncinya adalah kami dua orang Argentina yang mampu menaklukkan sepak bola Eropa, ketika banyak pemain bahkan tidak bisa menyeberangi Rio de la Plata (sungai di perbatasan Argentina). Saya mencintai Leo dan setiap kali saya melihat dia di lapangan, rasanya penuh sukacita. Dua pemain Argentina berada di puncak. Bayangkan, apa yang akan dipikirkan Pele!" ungkap Maradona.
Namun, saat ditanya siapa yang lebih antara dirinya dan Messi, Maradona tak mau memberikan jawaban.
"Kenapa harus (membandingkan) Maradona atau Messi? Kami berdua sukses. Saya mendominasi (sepak bola) dalam karier saya dan Messi melakukan hal yang sama"

"Hanya pada akhir sejarah kita bisa melihat siapa yang terbaik, apakah itu Maradona atau Messi," tambahnya.
Maradona mengaku, ketika masih menjabat sebagai pelatih tim nasional Argentina pada Piala Dunia 2010, ia sering memberi nasihat kepada Messi.
"Saya berbicara dengan dia tentang bagaimana menghadapi tekanan menjadi bintang, membawa sebuah tim di pundaknya, dan mengatasi pers yang melihat Anda dengan kaca pembesar. Setiap orang memiliki hidupnya sendiri, dan dia sehat, fokus, juga tenang," tuntas Maradona.

Simulasi Jangka Sorong