236 Pendekar 29 Provinsi Berlaga di Bangkinang

Written By Juhernaidi on Minggu, 09 September 2012 | 12:17:00 AM

 Sebanyak 236 pesilat yang berasal dari 29 provinsi berlaga pada PON XVIII/2012 di arena Sport Centre Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, mulai Rabu (12/9) hingga Selasa (18/9).

"Dari daftar nama atlet yang kami terima, terdapat sebanyak 236 pesilat yang berlaga di Bangkinang," kata Ketua Panitia Pelaksana Cabang Pencak Silat Sub-PB PON XVIII H Harryanto di Bangkinang, Jumat.
Menurut Harryanto, para pesilat yang bertanding tersebut berasal dari 29 provinsi untuk kategori tanding dan seni (tunggal, ganda, serta regu) putra dan putri. Dia mengatakan, dari 29 provinsi yang mengirimkan pesilat tersebut, terdapat empat daerah yang tidak lolos seleksi wilayah, yakni Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Kalimantan Tengah.
Sedangkan daerah yang terbanyak menurunkan atlet, yakni Jatim dan tuan rumah, masing-masing sebanyak 22 pesilat. Selain itu, Sumatera Selatan menurunkan sebanyak 19 pesilat, Bali (17 pesilat), Jawa Barat (16 pesilat), serta DKI Jakarta dan Jawa Tengah masing-masing 15 pesilat.
Namun, provinsi yang menurunkan hanya satu pesilat adalah Bengkulu atas nama Trisna Hendrawan dan Dwi Agus Supriyanto dari Kalimantan Barat. Walaupun begitu, Banten hanya menurunkan empat atlet, masing-masing Andri, Dwi Priyono, Rudi Hartono, dan Dewi Kurniati.
Harryanto mengatakan, pendaftaran ulang dan undian peserta dimulai Selasa (11/9) di Bangkinang.
Sementara itu, tim tuan rumah yang ikut berlaga mengikuti semua kategori dan ditargetkan merebut empat medali emas.


Hingga Jumat siang, tim yang sudah datang di Bangkinang dari Kalimantan Barat dan tuan rumah, kedua tim itu sudah berlatih di aula Kantor Bupati Kampar

Simulasi Jangka Sorong