54 medali emas diperebutkan pada hari keempat

Written By Juhernaidi on Rabu, 12 September 2012 | 12:48:00 AM

Pembukaan PON XVIII. Sejumlah penari beraksi saat pembukaan PON XVIII 
di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Selasa (11/9). Perhelatan bidang olahraga 
empat tahunan itu berlangsung 9-20 September 2012.  

 Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau pada hari keempat Rabu (12/9), dijadwalkan memperebutkan sebanyak 54 medali emas dari sejumlah cabang olahraga yang mempertandingkan nomor final.

Data yang diperoleh wartawan dari Posko Kontingen Jatim di Pekanbaru, Riau, Selasa malam, mencatat, ada 12 cabang olahraga yang menyediakan medali emas dan karate yang paling banyak dengan mempertandingkan 13 nomor final.

Dari jumlah tersebut, kumite menyediakan 11 keping emas, yakni beregu putra dan putri, serta lima kelas di nomor perorangan putri dan empat kelas di sektor putra. Sementara dari nomor kata dipertandingkan final beregu putra dan putri.

"Kami ditargetkan bisa merebut tiga medali emas dan seluruh atlet sudah siap tempur untuk merealisasikan target tersebut," kata Ketua Harian Pengprov Forki Jatim Johanes Kunto.

Ia enggan menyebutkan dari nomor mana anak asuhnya akan mendulang emas, karena semua atlet memiliki peluang sama besar.

Selain karate, cabang olahraga lain yang menyediakan medali emas cukup banyak adalah atletik, angkat besi dan binaraga.

Atletik yang berlangsung di Stadion Madya Rumbai akan melombakan delapan nomor final, antara lain lari 100 dan 800 meter putra-putri, tolak peluru putra, dan lontar martil.

Selanjutnya dari angkat besi yang digelar di Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru, terdapat enam keping emas dari final kelas 48, 53, 58, dan 63 kg putri, serta 56 dan 62 kg putra.

Kemudian lima emas binaraga akan diperebutkan para atlet dari kelas 55, 60, 65, 70, dan 75 kg. Cabang olahraga yang menonjolkan keindahan otot ini digelar di Hotel New Hollywood Kuantan.

Cabang olahraga yang juga melombakan nomor final adalah wushu (1), panjat tebing (1), balap sepeda downhill (2), loncat indah (2), renang (5), selam (5), dan senam (2).

Simulasi Jangka Sorong