Danau Kebun Nopi Venue Dayung Terbaik di Indonesia

Written By Juhernaidi on Sabtu, 15 September 2012 | 12:44:00 PM

Technical Delagate (TD) Cabang Olahraga Dayung, Budiman Setiawan mengatakan, venue dayung Danau Kebun Nopi, Kabupaten Kuansing merupakan venue dayung terbaik di Indonesia. Venue itu dinilai lebih bagus dari venue dayung SEA Games di Cipule, Jawa Barat.

Venue itu panjangnya mencapai 2.200 meter dengan lebar 150 meter. Lintasan yang akan digunakan mencapai 6 lintasan. Ukuran venue ini sesuai dengan ukuran internasional.

"Venue itu terbaik di Indonesia. Venue ini selesai 100 persen, mulai dari lebar dan panjangnya termasuk tribun dan menara. Mudah-mudahan pada PON XVIII nanti semua kekurangannya bisa selesai," jelas TD Dayung,. Budiman Setiawan, Rabu lalu di Pekanbaru, kepada media.

Sebelum meninjau veneu dayung di Kebun Nopi, TD dan pengurus PB PODSI lainnya, mensurvei jalan menuju Kuantan Singingi dari Provinsi Sumatera Barat. Peninjau ini dilakukan karena peralatan latihan dari daerah yang akan membawa peralatan sendiri diangkat melalui pelabuhan Teluk Bayur di Padang, Sumatera Barat.

Sebelum ke Kuansing, tim itu juga melakukan survei jalan di Sumatera Barat dan Riau. Hasil tinjauan jarak tempuh tidak terlalu jauh. "Kami menyarankan peralatan latihan dibawa menggnakan jalur laut, lewat Teluk Bayur, kemudian dibawa melalui darat, lewat Solok, Kiliran Jao (Sumatera Barat), terus ke Teluk Kuantan," katanya.

Sementara itu Ketua Harian PODSI Riau, Sanusi Anwar, mengatakan, kedatangan TD ke Kaunsing hanya sekalian lewat setelah mereka menghadiri kejuaraan Internasional Dragon Boat di Padang dan kemudan melanjutkan dengan mensurvei jalan untuk membawa peralatan latihan dayung dari daerah lain.

Simulasi Jangka Sorong