Siman dedikasikan emas renang untuk warga Riau

Written By Juhernaidi on Rabu, 12 September 2012 | 12:42:00 AM

Tepat satu hari setelah menginjak usia 18 tahun, perenang kelahiran Klungkung Bali I Gede Siman Sudartawa mempersembahkan kebahagiaan untuk Riau, provinsi yang kini dibelanya dalam PON XVIII.

"Dalam pertandingan renang ini, warga Riau sangat luar biasa karena memberikan dukungan yang tulus. Karenanya, emas pertama ini saya dedikasikan untuk seluruh warga Riau," kata Siman usai menggenggam emas pertamanya di ajang PON.

Siman mempersembahkan emas pertama Riau dari kolam renang setelah membukukan waktu tercepat di nomor spesialisasinya, 200 meter gaya punggung.

Meskipun senang dan bangga karena berhasil menggenggam medali emas, Siman mengaku merasa kecewa karena tidak bisa tampil secara maksimal dalam perlombaan tersebut.

Sakit radang tenggorokan yang dideritanya usai bertanding di sejumlah kejuaraan internasional seperti Olimpiade dan Singapore Open membuatnya harus istirahat selama empat hari.

"Selama empat hari itu, saya praktis tidak dapat berlatih," kata Siman yang kini masih berlatih di Jakarta di bawah bimbingan mantan-mantan perenang nasional, Felix dan Albert C Sutanto.

Akibatnya, perenang dengan tinggi 175 centimeter tersebut menganggap hasil yang dibukukannya di PON XVIII tersebut belum maksimal karena masih jauh dibanding catatan waktu terbaiknya.

Ia adalah pemegang rekor nasional untuk nomor 200 meter gaya punggung dengan catatan waktu 2 menit 2:44 detik yang diciptakannya saat berlaga di SEA Games 2011 Palembang.

Sedangkan di PON Riau, catatan waktu yang dibukukannya adalah 2 menit 5:01 detik. Meskipun demikian, catatan waktu tersebut menjadi rekor PON baru untuk menggantikan rekor PON lama atas nama Felix C Sutanto yang telah bertahan selama 16 tahun dengan catatan waktu 2 menit 8:88 detik.

"Dalam perlombaan itu, saya terlalu cepat pada 50 meter awal sehingga di dua lap terakhir tenaga saya sudah habis sehingga catatan waktunya pun tidak terlalu baik," katanya.

Ia pun berharap agar seluruh warga Riau bisa terus memberikan dukungan kepada tim renangnya sehingga bisa mempersembahkan sebanyak-banyaknya medali untuk Riau.

"Dukungan yang diberikan warga Riau tidak kalah dengan dukungan yang diberikan suporter-suporter lain seperti suporter dari Jawa Timur dan DKI Jakarta. Kami berharap, dukungan ini terus diberikan karena akan menambah semangat tanding perenang," katanya.

Selain turun di nomor 200 meter gaya punggung, Siman juga akan tampil di lima nomor lainnya di antaranya 100 meter gaya punggung, 200 meter gaya ganti perorangan, 4x100 meter estafet bebas, 4x200 meter estafet gaya ganti dan 4x100 meter estafet gaya ganti.

"Setelah PON, saya juga akan kembali disibukkan dengan berbagai kejuaraan internasional, seperti di Dubai dan Laos. Saya akan tampil di nomor-nomor yang selama ini menjadi spesialisasi saya," katanya.

Meskipun disibukkan dengan sejumlah kejuaraan, Siman yang dipercaya sebagai pembawa bendera Merah-Putih saat defile Kontingen Indonesia di Olimpiade London tersebut mengatakan akan tetap berusaha untuk bisa meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Simulasi Jangka Sorong