LATIHAN SOAL UN SD/MI 2014

Written By Juhernaidi on Selasa, 04 Februari 2014 | 11:12:00 PM


Latihan Soal UN SD/MI 2014
Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan Sekolah dasar / Madrasah Ibtidaiyah tetap akan digelar pada tahun 2014. Pemerintah masih merumuskan nama lain untuk UN SD/MI. Sementara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memutuskan Ujian Nasional (UN) hanya diwajibkan bagi jenjang SMP, SMA dan SMK. Penyelenggaraan UN SD/MI tampaknya diserahkan pada kebijakan Pemerintahan Daerah dalam hal ini Provinsi.
Sebagai contoh Dinas Pendidikan Provinsi yang tetap akan menggelar Ujian Nasional SD/MI adalah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY (daerah Istimewa Yogyakarta).

Berikut latihan soal UN SD/MI tahun 2014, yang sudah bisa diunduh :
  1. Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SD/MI | Silakan unduh disini
  2. Jawaban Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SD/MI | Silakan unduh disini
  3. Latihan Soal IPA UN SD/MI | Silakan unduh disini
  4. Jawaban Latihan Soal IPA UN SD/MI | Silakan unduh disini
  5. Latihan Soal Matematika UN SD/MI | Silakan unduh disini
  6. Jawaban Latihan Soal Matematika UN SD/MI | Silakan unduh disini
UN SD merupakan singkatan dari Ujian Nasional Sekolah dasar (disingkat SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sekolah dasar (disingkat SD) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama (atau sederajat).
Sementara untuk daerah lain seperti Jawa Timur contohnya Surabaya seperti disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Eko Prasetyaningsih bahwa, pihaknya masih belum mendapat kepastian apakah akan berubah menjadi ujian daerah untuk jenjang SD. Pihaknya masih menunggu resminya.
Meskipun demikian, segala teknis pelaksanaan ujian daerah masih sama persis dengan UN pada tahun 2012/2013. Dia mencontohkan mengenai pembuatan naskah soal. Menurut Eko, komposisi naskah soal tetap dibuat oleh provinsi sebanyak 75 persen dan 25 persen pusat. Kemungkinan hanya akan ganti nama menjadi ujian daerah. Tapi, ini juga penting agar prosedur ujian tidak lagi panjang.
Semoga Latihan Soal Ujian Nasional SD/MI tahun 2014 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi ujian nasional tahun 2014. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Simulasi Jangka Sorong